Breaking News
Loading...

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) POLRI 2009-2010

Friday, October 02, 2009
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) POLRI
SUMBER PELAMAR UMUM T.A. 2009 SERTA RENCANA PENEMPATANNYA

1. Rujukan :

a. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 239 Tahun 2009 tanggal 31 Agustus 2009 tentang Penetapan Formasi CPNS Polri T.A. 2009.

b. Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/435/IX/2009 tanggal 10 September 2009 tentang Pengadaan PNS Polri Sumber Tenaga Honorer/PHL dan Sumber Pelamar Umum T.A. 2009 serta Rencana Penempatannya.

2. Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, Kepolisian Negara Republik Indonesia memberi kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri T.A. 2009, sebagai berikut :

I. PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia.

2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2009.

4. Usia sampai dengan 40 tahun bagi peserta yang memiliki masa pengabdian selama 5 tahun berturut-turut pada Instansi Pemerintah pada tanggal 17 April 2002, dengan melampirkan Skep yang mencantumkan nilai nominal/honoer yang diterima setiap bulannya yang disahkan oleh Pejabat Eselon II (Minimal berpangkat Kombes Pol).

5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.

6. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak hormat sebagai swasta.

7. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri.

8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara R.I. atau Negara lain yang ditentukan Pemerintah.

9. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik.

10. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan. / 11. Berkelakuan . . . .

11. Berkelakuan baik.

12. Sehat jasmani dan rohani.

13. Terdaftar sebagai pencari kerja di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) dengan melampirkan Kartu Tanda Pencari Kerja.

III. PENDAFTARAN

1) Pendaftaran dilaksanakan melalui pos dengan alamat pada sampul surat :

PANITIA PUSAT PENGADAAN CPNS POLRI T.A. 2009 Gedung TNCC Lantai 10, Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kode Pos : 12110

2) Pada sudut kiri bawah ditulis Nama Pelamar Laki-Lki +(L) atau Perempuan +(P), Kualifikasi Pendidikan, Jabatan yang dilamar, Unit Kerja Penempatan dan asal Provinsi pelamar.

Persyaratan administrasi pelamaran :

1. Yang dilampirkan pada saat melamar via pos

a. Surat lamaran (ditulis tangan dengan huruf balok dan tinta hitam) bermaterai Rp. 6.000,-ditujukan kepada KAPOLRI U.p. De SDM Kapolri, dengan menyebutkan Nama Jabatan dan Tempat/Unit kerja yang dilamar.

b. Pas foto hitam putih ukuran 2 x 3 cm = 2 lembar, 3 x 4 cm = 2 lembar dan ditulis nama dibelakangnya (tidak memakai tutup kepala, kacamata, jaket, rompi, kaos oblong, bando).

c. Fotokopi STTB/Ijazah Dikum terakhir beserta Transkrip/Daftar Nilai yang digunakan untuk melamar serta disahkan oleh pejabat yang berwenang tahun 2009 :

1) Ijazah Pendidikan Tinggi :

a) Yang dikeluarkan oleh Universitas dan Institut, dilegalisir oleh Rektor, Pembantu Rektor I Bidang Akademik/Wakil Rektor I Bidang Akademik atau Dekan, Pembantu Dekan I Bidang Akademik/Wakil Dekan I Bidang Akademik.

b) Yang dikeluarkan oleh sekolah Tinggi, dilegalisir oleh Ketua atau Pembantu Ketua I Bidang Akademik/Wakil Dekan I Bidang Akademik.

c) Yang dikeluarkan Politeknik dan atau Akademi, dilegalisir oleh Direktur atau Pembantu Direktur I Bidang Akademik/Wakil Direktur Bidang Akademik.

2) STTB SLTA oleh Kepala Sekolah.

3) Paket C oleh Kepala Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota.

d. Fotokopi Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Institusi Kesehatan Resmi milik Pemerintah (Puskesmas atau Rumah Sakit, ditanda tangani, diregister dan di stempel), yang disahkan oleh pejabat yang berwenang, dilampirkan pada saat mendaftar melalui pos.

e. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat yang terbaru dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.

f. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal lahir yang disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.

g. Fotokopi Tanda Pencari Kerja (Kartu kuning) dari Depnakertrans dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.

h. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) disahkan oleh Lurah/Kepala Desa tahun 2009.

i. Fotokopi sertifikat (keahlian/ketrampilan/kursus) yang dimiliki dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.

/ g. Fotokopi . . . . .

Semua persyaratan tersebut di atas masing-masing dibuat rangkap 1 (satu).

2. Asli persyaratan point 1.a s/d 1.i tersebut di atas, diserahkan kepada Panitia bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS Polri T.A. 2009.

3. Yang dilaksanakan dan diserahkan setelah Pengumuman Hasil Ujian Tertulis dan Uji Kompetensi meliputi :

a. Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan pada Institusi Kesehatan Resmi di luar Polri meliputi : Jantung, Paru-paru, tidak buta warna, bebas narkoba, tidak dalam keadaan hamil (bagi wanita) dan tidak terdapat kelainan/cacat pisik yang dapat menggangu pekerjaannya, dilaksanakan dan diserahkan setelah Lulus Ujian Tertulis/Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Uji Kompetensi Bidang (TKB) secara aplikatif.

b. Pemeriksaan keabsahan Ijazah/STTB asli (SD dan Dikum terakhir).

4. Yang dilaksanakan dan diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi ujian CPNS Polri T.A. 2009, meliputi :

a. Daftar Riwayat Hidup (DRH) lengkap menggunakan blanko standar BKN.

b. Surat Pernyataan isi 5 point.

c. Surat Pernyataan isi 3 point.

d. Fotokopi Surat Keputusan (Skep) pengalaman bekerja bagi yang sudah pernah bekerja dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang.

e. Asli persyaratan administrasi yang diserahkan pada saat melamar via pos.

Ketentuan lain :

1. Berkas surat lamaran dibuat 1 (satu) set/bendel dan dimasukan ke dalam stof map serta diberi Nama, Kualifikasi Pendidikan dan Jurusan serta Kode Pendidikan.

2. Stof map yang digunakan :

a. Warna kuning, untuk pelamar berpendidikan S-1

b. Warna biru, untuk pelamar berpendidikan D-3

c. Warna merah, untuk berpendidikan D1/SLTA/Sederajat. / 4. Tidak . . . . .

3. Stempel Pos paling lambat tertanggal 8 Oktober 2009, berkas paling lambat diterima oleh Panitia pada tanggal 15 Oktober 2009 pukul 15.00 WIB.

4. Tidak menerima/melayani berkas lamaran pengiriman langsung yang diberikan oleh yang bersangkutan (harus melalui Pos).

5. Berkas lamaran yang telah dikirim ke Sekretariat Panitia Pusat Pengadaan CPNS Polri T.A. 2009 tidak dikembalikan.

IV. SELEKSI

Bagi pelamar yang memenuhi syarat, mendapat Nomor Peserta Seleksi Pengadaan CPNS Polri T.A. 2009, yang akan diberitahukan melalui :

1. Internet / Website : www.polri.go.id

2. Dapat dilihat di Biro Personel Polda setempat melalui Surat Telegram Kapolri yang ditujukan kepada Para Kapolda se-Indonesia.

Tahapan Seleksi :

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) / Ujian Tertulis, meliputi :

a) Tes Pengetahuan Umum (TPU)
b) Tes Bakat Skolastik (TBS)
c) Tes Skala Kematangan (TSK)

2. Tes Kompetensi Bidang / Uji Kompetensi Bidang secara aplikatif sesuai kualifikasi pendidikan yang dimiliki.

3. Penyerahan hasil Rikkes dari Institusi Resmi di luar Polri meliputi : Foto/film Hasil Rontgen Paru-Paru, Lab. Darah Lengkap, Hasil Rekam Jantung, Tidak Buta Warna, Tidak dalam keadaan hamil (bagi wanita), Tidak memiliki Kelainan/Cacat fisik yang dapat mengganggu pekerjaannya dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

4. Pemeriksaan keabsahan Asli Ijazah/STTB SD dan Dikum terakhir sesuai kualifikasi pendidikan yang digunakan untuk melamar.
http://static.iminent.com/toolbar/contents/images/emoticons/Messages/Congrats%20Boy/1.ok.gif

0 komentar:

Post a Comment

Hi Friends type you comment about my article above, thanks for visit my blog

 
Toggle Footer