Breaking News
Loading...

IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia

Friday, December 10, 2010

IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia, itulah judul tulisan postingan ini, meskipun tidak diberi tahu, pasti pembaca sekalian bisa faham. Terimakasih atas kunjungan dan waktunya mampir di blog ini. Kritik, saran dan komentarnya sangat saya harapkan.

Setiap halaman yang ada di Internet, baik itu berupa situs, blog, ecommerce, calendar, forum, image gallery ataupun sosial network  tidak akan bisa aktif dan berjalan apabila :

1.      Tidak memilki domain name, apakah add on domain, subdomain, redirect ataupun parked domain. Adapun contoh nama domain semisal idwebhost.com dan ini termasuk add on domain name (nama yang memiliki kewenangan atau milik pribadi, baik perorangan atau kelompok). Sementara untuk subdomain, contohnya blog.idwebhost.com. Yang mana kata blog merupakan domain name yang menginduk ke idwebhost.com.

2.      Tidak  memiliki system operasi atau Content Management System (CMS), yang bisa menjalankan situs, blog, ecommerce, calendar, forum, image gallery tersebut.  Adapun system dari CMS adalah sejenis Wordpress, Drupal, Joomla, Php nuke, Phpb dan lain sebagainya.
Dari beberapa system CMS diatas, ada yang berbayar (komersial) dan ada juga yang gratis (open source). Semuanya sesuai dengan dan disesuaikan kebutuhan bagi penggunanya. 

*-* CMS Komersial, dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. CMS komersialpun menyediakan hampir semua feature dan tidak tersedia secara gratis karena penggunaannya harus membeli licensi dari perusahaan pembuatnya (dari licensi berdasarkan jumlah penggunnya sampai sifat multiserver dan harga murah sampai mahal).
CMS Open Source, CMS yang dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan yang intinya meberikan alternative murah dan terjangkau kepada pengguna. CMS tersedia secara gratis dapat dipergunakan tanpa batasan, dan memberikan akses kepada pengguna akan kode pemrograman sehingga mudah memodifikasi CMS dimasa mendatang.

Open Source terbagi menjadi dua model yaitu :

1.     Sistem Open Source berbasis komunitas
Sistem Open Source berbasis komunitas merupakan sistem Open Source tradisional dan free secara keseluruhan. Sistem cocok untuk organisasi yang akan mengembangkan sumber daya internalnya secara kuat.
2.      
Sistem Open Source berbasis dukungan komersial
Suatu organisasi menyediakan layanan profesional atau mendukung produk walaupun kodenya free, tetapi system dievaluasi seperti sistem komersial. Walaupun lisennya gratis, sistemnya harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
Berdasarkan penggunaannya, CMS dibedakan menjadi: Portal, Blogs, E- Commerce, Groupware, Forums, E-learning, Image Gallery, dan Wiki.

Jenis Portal
1024, AIOCP, AssoCIateD, Bcoos, BigAce, BitWeaver, BloofoxCMS, CMS Made Simple, ContentNow, DBHcms, Dragonfly CMS, Drupal, e107, eazyPortal, Elxis, Enano CMS, Etomite, Exponent, ExV2, eZ Publish, Fundanemt, FuzzyLime, Geeklog, iGaming CMS, Jaws, Joomla, LoveCMS, Mambo, MDPro, MODx, Netious, OneCMS, Ovidentia, Pheap, PHP-Fusion, PHP-Nuke, phpwcms, phpWebSite, PLUME CMS, Postnuke, RunCMS, SilverStripe, SPIP, TikiWiki CMS, toendaCMS, Typo3, Typolight, Website Baker, Xaraya, XOOPS, dan YACS.
Jenis Blogs
b2evolution, Blogger, Dotclear, Eggblog, FlatPress, LifeType, Loudblog, Nucleus CMS, sBlog, Serendipity, SimplePHPBlog, Simplog, Textpattern, WB News, Wheatblog, WordPress, dan Zomplog.

Jenis E-Commerce
cpCommerce, Freeway, Opencart, osc2nuke, osCMax, osCommerce, phpShop, dan Zen Cart.

Jenis Groupware
Achievo, ACollab, dotProject, eGroupWare, Flyspray, Group-Office, more.groupware, phpGroupWare, PHProjekt, ProjectPier, Streber, dan WebCollab.
Jenis Forum
bbPress, Beehive, DeluxeBB, FUDForum, IceBB, Mercury, miniBB, MyBB, MyTopix, Phorum, phpBB, PunBB, QuickSilver, SMF, UNB, UseBB, Vanilla, W-Agora, dan XMB

Jenis E-Learning.
ATutor, Claroline, ClaSS, Docebo suite, Dokeos, DrupalEd, Interact, Moodle, SiteAtSchool, dan SyndeoCMS.

Jenis Image Gallery
4Images, Coppermine, Gallery, Gallery 2, LinPHA, Minishowcase, nzFotolog, Phormer, PhpWebGallery, Pixelpost, Plogger, S i n g a p o r e , T h i c k b o x G a l l e r y , TinyWebGallery, WEBalbum, Zenphoto, dan Zoph.

Jenis Wiki
DokuWiki, MediaWiki, PmWiki, QwikiWiki, UniWakka, Wikepage, dan WikkaWiki. *-*

Bagaimana, bisa jadi pencerahan dengan keterangan diatas tersebut? Baik, data tersebut ( yang bertanda *-*) saya ambil dari Edisi Perdana 2009 . ILMUWEBSITE MAGZ – ilmuwebsite.com. Semoga menjadi gambaran, bahwa pada setiap web hosting rata-rata berisi hal di atas termasuk dukungan nama domain.

Sekarang kita kembali kepada judul tulisan ini, yaitu IDwebhost.com Trend  Hosting Indonesia . Bila memperhatikan kata IDwebhost, Saya kira kata ID merujuk kepada inisial dari Indonesia, sementara webhost merupakan nama domain yang sering digunakan oleh setiap situs yang menyediakan jasa web hosting.   

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, apabila bermaksud untuk membuat situs atau blog berbayar, kenapa harus menggunakan layanan web hosting dari luar. Kenapa tidak di hosting indonesia saja dan menggunakan nama domain indonesia?. Bukankah akan lebih baik apabila memajukan negeri sendiri, baik secara usaha, lapangan pekerjaan dan yang jelas menunjukan bahwa Indonesia Juga bisa dan mampu bersaing.

IDwebhost.com menjadi Trend  Hosting Indonesia , memang tidak bisa dipungkiri. Dengan banyaknya dukungan Domain name, mulai dari yang berakhiran com, biz, us, eu, or.id, net, info, in, co, co.id, org, name, asia, web.id, sch.id dan lain sebagainya menjadikannya sebagai webhosting indonesia yang ada pada saat sekarang. Yang jelas kita bisa melakukan banyak pilihan, namun berada ditempat yang sama. Misalnya kita membuat situs untuk organisasi, maka bisa digunakan domain dengan org (organisai.org contohnya). Kemudian untuk situs komersialnya kita bisa pakai com (menjadi organisasi.com). Lantas misal ingin membuat situs full informasi, kita bisa pakai info (menjadi organisasi.info).

Untuk setiap akhiran dari nama domain tersebut, terkadang tidak bisa jadi acuan. Apakah situs tersebut berupa organisasi atau perorangan. Karena memang tergantung dari mereka yang menggunakan atau pemilik dari situs dan blog itu. Coba saja dicek, terkadang ada yang namanya memakai org, namun pas dilihat situsnya  berisi kumpulan artikel pribadi, tanpa mengusung suatu organisasi.

IDwebhost.com menjadi Trend  Hosting Indonesia , jelas sekali. Selain mendukung nama domain yang banyak, yang jelas adalah urusan harga. Dengan domain murah orang akan lebih tertarik, meski sekedar mencoba. Sebab segala sesuatu dimulai dengan mencoba. Bila sudah suka,  barulah bisa mengkarakter dan menjadi kebutuhan. Maka dari itu, pembaca sekalian andapun layak mencobanya. Karena banyak sekali pilihan yang bisa jadi rujukan. Apakah untuk kepentingan Bisnis, perusahaan atau membuat blog.

Sebagai tambahan dan  informasi, kita bisa melihat DETAIL FEATURE yang tersedia di sana, seperti :
Email : Webmail, POP3 Email, Mailing List, Email Auto Reply, Email Forwarding, Email Blocking, Anti Spam, Modifikasi MX, Trace Alamat Email, Catch All Email.
Database : MySQL terbaru, phpMyAdmin
Pemrograman : PHP Terbaru, WAP / WML, SSI, CGI/Perl, FrontPage Ext
Sekian dan terimakasih, semoga membantu.

8 komentar:

Post a Comment

Hi Friends type you comment about my article above, thanks for visit my blog

 
Toggle Footer