Breaking News
Loading...

Perlunya Web Komunitas Event Organizer

Saturday, February 19, 2011
Event Organizer Dalam Pelaksanaan Event, manjadi bagian yang tidak bisa lepas dari setiap event atau acara. Apalagi event-event besar, seperti Concert Music, Seminar, Bedah Buku, dan berbagai jenis acara lainnya.
Bila kita lihat berdasar etimologi bahasa, kata Event Organizer berasal dari Bahasa Inggris, yaitu Event yang artinya Acara dan Organizer dari Organization artinya organisasi atau kelompok. 

Berubahnya kata Organization menjadi Organizer adalah menunjukan pelaku atau subjek dari Organization tersebut. Arti lengkap dari Event Organizer itu sendiri adalah Organisasi pengatur atau yang mengelola dan mengurus sebuah acara. Dengan arti lain, yaitu bahwa suatu acara/event ditanggulangi oleh mereka para ahli dibidangnya yang di dalamnya memuat banyak orang dalam pembagian tugasnya.


Istilah Event Organizer sekarang menjadi popular dan disingkat menjadi EO. Baik di kalangan masyarakat, pelajar, mahasiswa, ataupun institusi dan berbagai perusahaan. Mungkin dulu atau yang sedang sekolah, kita mengenal OSIS (Organisa Siswa Intra Sekolah). Itu bisa saja disebut sebagai EO, karena sering mengatur banyak urusan yang berkait, di sekolah. Kemudian, di masyarakat kita sering menjumpai Panitia Hari Besar Nasional ,misalnya. Itupun saya rasa sama secara fungsi. Lantas setiap lima tahun sekali di Negara kita diadakan PEMILU yang di atur oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum), itu juga sama berfungsi sebagai pelaksana dan pengatur event atau acara pemilihan umum. Nah ada lagi pada resepsi pernikahan, yang ini diistilakan dengan Wedding Organizer, padahal Wedding Organizer itu adalah Event Organizer juga.

Dengan sedikit keterangan istilah diatas, mungkin ada pencerahan tentang Event Organizer tersebut. Sekarang pertanyaannya adalah apa pentingnya event organizer dalam pelaksanaan event? Baik, setiap orang, setiap perusahaan, setiap institusi pasti ingin hal yang baik, hebat, sukses, dalam mengadakan setiap acara. Akan tetapi, acara tidak akan sukses kalau kita lakukan sendiri. Apalagi kalau acaranya besar dan memerlukan lokasi yang luas atau gedung mewah. Tentunya harus ada pengamanan dan perijinan.
  • Mereka rata-rata ahli di bidang Dekorasi (Outdoor-Indoor), Design, Lay Out dan Panggung, mulai dari Sound System.
  • Mereka bertanggung jawab untuk masalah perijinan (seperti lokasi dan pengamanan ), ini sering jadi masalah bila diurus oleh kalangan biasa.
  • Mereka perusahaan dengan orang-orang yang berpengalaman di dalamnya.
  • Mereka tahu jenis apa yang harus ditampilkan, agar cocok dengan acara.
  • Dengan melaui Event Organizer, kita tinggal tenang saja untuk mengadakan setiap acara, karena memang sudah ada yang menrusunya sampai selesai.
  • Produk atau promosi, bisa dilakukan lewat Event Organizer
  • Yang jelas mereka juga flexible dalam pelaksanaan tugasnya
  • Masalah harga, tergantung event yang kita adakan, mau bagaimana konceptnya
Mudahnya mengadakan Event dengan Event Organizer. Meskipun mudah, tetap kita harus memilih, kepada siapa atau EO mana kita akan menyerahkan acara. Salah langkah maka event kacau balau. Harusnya event music sama EO music, ini diserahkan sama wedding organizer, apa yang terjadi coba bayangkan.
Lalu kemana kita harus merujuk supaya kita bisa mendapat Event Organizer yang tepat untuk acara yang akan diadakan? Seiring majunya tekhnologi informasi terutama internet, kita sekarang lebih mudah untuk melakukan pencarian setiap apa yang dibutuhkan. Karena rata-rata setiap EO punya situsnya masing-masing.
Dengan kata lain, kita bisa mencari ke web komunitas event organizer Untuk urusan EO, secara Online kita bisa menrujuk ke EO Community. EO Community merupakan wadah untuk para pelaku event di indonesia untuk berbagi pengalaman. Selain yang akan mengadakan acara, maka para pelaku EO juga bisa berkumpul disana untuk mencari relasi atau mencari informasi.
Sekian, semoga bermanfaat bagi yang ingin mengadakan event/acara.
Tambahan :
Sekarang menjelang akhir tahun 2010 ini, EO Community mengadakan EOC SEO contest 2011 untuk para pemilik blog dan situs. Jika tertarik silahkan bertandang ke sana. EOC SEO contest 2011 bekerja sama dengan idwebhost.com dan eonetwork.us
Salam Blogger Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Hi Friends type you comment about my article above, thanks for visit my blog

 
Toggle Footer