Breaking News
Loading...

Hindarilah Penyakit Saat Musim Hujan

Thursday, November 26, 2009

Bulan November selalu identik dengan hujan. Bahkan, salah satu grup band terkenal, Guns N Roses, menciptakan lagu dengan tema hujan di bulan November. Lagu tersebut diberi judul November Rain. Namun, kali ini CHIP tidak akan membahas mengenai fenomena perjalanan grup band bergenre rock dengan lagunya tersebut. Pada kesempatan kali ini, CHIP akan membahas mengenai dampak yang ditimbulkan hujan yang terus membasahi Indonesia dari bulan November hingga bulan Januari.

Hujan terus menerus dapat berdampak buruk bagi manusia. Dari banjir hingga sejumlah penyakit biasanya muncul bila musim hujan datang. Penyakit seperti diare dan flu merupakan jenis penyakit yang paling sering ditemui. Selain hujan yang datang terus menerus, perubahan cuaca yang ekstrim juga menjadi salah satu penyebab penyakit tersebut.

Selalu dibutuhkan tubuh yang sehat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat pada musim hujan. Kali ini, CHIP akan memberikan beberapa tips mudah bagaimana menjaga kesehatan selama musim hujan. Selamat mencoba!

1. Makan yang cukup. Usahakan makan tiga kali sehari. Hal tersebut dapat mencegah masuk angin yang dapat menyebabkan tubuh makin lemah. Apabila tubuh Anda lemah, penyakit yang lebih besar sudah bersiap untuk menyerang. Disarankan untuk makan sayuran sebanyak tiga kali, buah dua kali, dan setidaknya minum susu atau yogurt dalam sehari. Usahakan untuk makan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Jeruk, contohnya.

2. Cuci tangan Anda. Selalu cuci tangan setelah Anda menyelesaikan semua urusan di toilet atau sebelum Anda makan. Hal tersebut dapat meminimalisir jumlah bakteri yang ada di tangan Anda. Caranya cukup mudah, basuh tangan Anda dengan air hangat dan selalu gunakan sabun. Bila perlu, gunakan sabun antiseptic.

3. Konsumsi multivitamin agar tubuh Anda tetap kuat.

4. Untuk menjaga tubuh agar tetap kuat, lakukan olah raga rutin. Patut diingat, jangan lakukan olah raga di bawah hujan. Bukan sehat yang Anda terima, tapi penyakit yang datang.

5. Beristirahatlah yang cukup. Jangan biarkan tubuh lemah yang disebabkan oleh kurang istirahat menjadi penyebab penyakit Anda.

Apakah Anda punya tips Lain ?

Source : Various

0 komentar:

Post a Comment

Hi Friends type you comment about my article above, thanks for visit my blog

 
Toggle Footer